Ads 468x60px

Rabu, 02 Januari 2013

Kuncen Cikadueun Keramat



Kuncen Cikadueun Keramat

Dalam tulisan ini penulis mengumpulkan data mengenai tokoh-tokoh yang pernah dan masih menjabat sebagai pengurus/kuncen Keramat Cikadueun di Pemakaman astana Uyut Manshur yaitu:

Pertama dipegang oleh KH. Ya'qub bin 'Adnan pengurus yang di tunjuk langsung oleh KH. Ruyani Kadu Pinang, sebagai asal mulanya atas titah dalam Tawajjuh beliau bahwa, di pemakaman Cikadueun ini bersemayam jasad seorang tokoh yang amat di cari dan di muliakan juga sebagai garis keturunan dari Kerajaan Banten, dilanjutkan hanya sebentar oleh Ki Asiri dan selanjutnya dipegang oleh H. Nur Dinuri, seorang keturunan Pangeran Astapati mantan pegawai bank berkantor di Saketi. Kemudian pada KH. Zuhri bin KH. Ya'qub hingga dipasrahkan pada warangnya (besan. sunda) bernama H. tb. Muhammad Arif, hasil pertikahan putra keempat dari KH. Zuhri ini yang bernama KH. Zaenuddin nikah bersanding dengan putri H. tb. Muhammad Arif yang bernama Hj. rt. Habibah.

Selanjutnya tampuk pemegang jabatan kuncen di serahkan pada H. Husni bin H. Nur Dinuri, sebab karena KH. Zaenuddin Zuhri menyerahkan padanya hanya untuk beliau (H. Zen panggilan lainnya) agar fokus pada pendidikan umat saja, dan ini di realisasikannya sehingga tampuk jabatan kuncen seharusnya padanya beliau serahkan pada H. Husni.

Di dalam memegang  jabatan kuncen. Ende Husni, panggilan untuk H. Husni bin H. Nur Dinuri berlangsung agak lama hingga meninggal dan selanjutnya dipegang oleh H. Entus Arip Hidayat bin H. tb. Muhammad Arif , dilanjutkan oleh H. Iyus yusron bin H. Husni seterusnya pada H. Uju 'Izzuddin bin H. Yasin asal Kd. Mernah mantu dari H. Husni tersebut yang menikah dengan Hj. Eneng. Setelah meninggal H. Uju 'Izzuddin, tampuk pemegang jabatan sebagai kuncen belum ada kata sepakat siapa yang harus memegangnya, berhubung Dinas kepurbakalaan menyerahkan SK. (Surat Keputusan) pemegang keKuncenan pada tb. Apuk bin H. Iyus Yusron dan sebagai yang kedua adalah KH. Hafid Zuhri putra bungsu KH. Zuhri Nawawi bin KH. Ya'qub. Dan dalam masa kefakuman ini jabatan Kuncen sementara dan tidak sepenuhnya dipegang oleh ace Sopiyan bin Ace Marzuq (sekarang)

Allahu a'lam.

1 komentar:

Darul Muhibbin mengatakan...

اللهم غفرلهم .. Ayahanda ( H. tb juju ijudin yasin bin H. tb muhammad yasin ) dan nde Husni .. Semoga merkea di tmptkan di sisi allah.. Aamiin .

 
Pasang Widget Blogger Cikadueun Di Blog
Widget Blogger Cikadueun